Hawaii National Guard Urban SAR Field Training Exercise


Urban SAR Field Training Exercise (USAR FTX) merupakan program latihan bersama tahunan yg diselenggarakan oleh Hawaiian National Guard (HING) State Partnership Program (SPP). USAR FTX kali ini dilaksanakan di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat pada tanggal 15 s.d 19 Juli 2019. Program ini merupakan kerja sama kemitraan antara Pemerintah Amerika Serikat dengan Indonesia, cq Mabes TNI. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya, yaitu USAR SMEE & FTX yang dilaksanakan di Malang, Jawa Timur, 19 s.d 22 Pebruari 2019.

Sebagai tuan rumah, Hawaiian National Guard (HING) mengundang peserta latihan dari Indonesia, Filipina, Banglades, Vietnam, dan Oregon National Guard Amerika Serikat. Indonesia mengirimkan 12 peserta yg terdiri dari Mabes TNI 10 orang dan Basarnas 2 orang, yaitu Kolonel (Inf) Erwin, Aster Divisi II/Kostrad sebagai Pimpinan Delegasi; Kolonel (Inf) Tamimi H Kesuma, Aster Divisi I/Kostrad, Agus Haryono Kasubdit Pengerahan Potensi dan Pengendalian Operasi, Dit Operasi, Basarnas; Letkol Laut (K/W) Zelvya Purnama Rika, Kasubbid Bangmat, Puskes TNI; Mayor (Inf) Anggun Wuriyanto Kasiops Sops Divisi II/Kostrad; Mayor (Mar) Riska Sayogo W Wadanyon Taifib I Kormar; Mayor (Mar) Anton Waris KH Wadanyon Arh 2 Marinir;
Mayor (Mar) Yudi Ari Wibowo Kasilat Menbanpur 2 Marinir; Kapten (PAS) Airlangga Wardhana Pasiops Yonko 468 Paskhas TNI AU; Kapten (Inf) Nori Aditya Prima -- Pasiren Proggar Brigif 13/1/Kostrad; Kapten (Pnb) Abadi Satya Wibowo Pa Penerbang Skadud 8 Wing 4 Lanud ATS Bogor; Fazzli -Kasi Latihan, Dit Kesiapsiagaan Basarnas.

Field Training Exercise ini ditujukan untuk melatihkan mekanisme penanganan tanggap darurat terhadap bencana di wilayah perkotaan/pemukiman, khususnya dari aspek pencarian dan pertolongan (search and rescue). Oleh karena itu, materi latihan fokus pada pencarian dan pertolongan korban di bangunan runtuh akibat gempa bumi, yang meliputi prosedur pencarian korban di bangunan runtuh, pembuatan akses ke korban, dan evakuasi. Disamping itu, FTX ini juga ditujukan utk mempererat kerja sama antara Pemerintah Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia, khususnya dalam penanganan bencana alam secara bersama-sama. (agus har)

 



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Daru
18 July 16:10 WIB