Kantor SAR Banda Aceh menyelenggarakan Pelatihan pertolongan diperairan bagi Potensi SA


Aceh - Deputi Bidang Potensi SAR Marsekal Muda TNI Sunarbowo Sandi  (22/12/2014) secara resmi membuka Pelatihan pertolongan di perairan bagi Potensi SAR yang diselenggarakan di Banda Aceh. Upacara pembukaan dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB yang dihadiri oleh pejabat TNI, POLRI, Pimpinan Daerah dan juga pimpinan Instansi Pemerintah, serta RAPI Aceh dan IOF Pengda Aceh.

Dalam sambutannya Deputi Bidang Potensi SAR mengungkapkan dengan adanya tuntutan pelayanan SAR yang semakin tinggi maka Badan SAR Nasional (Basarnas) akan membenahi diri sesuai perkembangan yang terjadi, diantaranya empat (4) pilar pokok penunjang operasi SAR yang meliputi peningkatan kompetensi atau kemampuan personil, peningkatan sarana dan pra sarana SAR, koordinasi yang mantap dengan potensi SAR serta manajemen operasi SAR yang efektif.

Pelatihan pertolongan diperairan bagi Potensi SAR  Aceh ini merupakan bentuk pembelajaran awal yang dilakukan oleh potensi SAR untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan serta pembentukan sikap mental kepada para peserta. Dengan harapan setelah menyelesaikan program pelatihan ini, para peserta nantinya akan memiliki mental sebagai potensi SAR dibidang kemanusiaan dan mampu mengaplikasikan seluruh teori dan keterampilan yang didapat selama pelatihan untuk keperluan teknis operasional dilapangan pada saat dibutuhkan guna menangani musibah dan bencana yang terjadi dengan baik dan maksimal.

Peserta Pelatihan Potensi SAR Aceh diikuti oleh 30 orang peserta, terdiri dari Satuan Tugas SAR ( SATGAS SAR), Pol Air, RAPI, ORARI, IOF, Pramuka, dan Mahasiswa dari Provinsi Aceh. Pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 21 hingga 24 Desember 2014 ini akan di bekali dengan materi Medical First Responder (MFR), Pertolongan diperairan dan 1 hari Aplikasi teknik penggunaan perahu karet dan praktek teknik penanganan korban di air dengan menggunakan alat dan tanpa menggunakan alat yang akan di lakukan di Ulelheu Banda Aceh.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
22 December 19:00 WIB