LCT Mati Mesin di ORANSBARI Manokwari


Manokwari - Satu unit kapal jenis Landing Craft Tank (LCT) berbendera Indonesia dengan nama Galaxy 88 mengalami mati mesin dalam perjalanan dari Nabire menuju Manokwari untuk perbaikan kapal di Fasharkan TNI-AL. Diketahui kapal dengan Person On Board (POB) 7 orang mati mesin, Selasa (16/7) pukul 05.00 WIT di sekitar perairan Oransbari Manokwari Selatan. Awalnya akan ditarik oleh kapal kayu namun gelombang yang tinggi pada siang hari, tidak memungkinkan hal tersebut dilakukan. LCT tersebut akhirnya sempat hanyut dan hilang kontak.
 
Operasi Fasharkan TNI-AL Lettu Eko melaporkan kejadian tersebut kepada Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari pukul 13.15 WIT. Satu tim Rescue melaksanakan tindak awal untuk mengevakuasi POB menggunakan Rigit Inflatable boat (RIB). Setelah satu jam perjalanan menuju posisi LCT, rib yang digunakan kembali ke Manokwari karena gelombang tinggi dan cuaca buruk.
 
Tim kedua pun diluncurkan melalui jalur darat dengan truk personil untuk mengevakuasi dengan menggunakan LCR/Rubber Boat. Pukul 19.00 WIT Tim Rescue berhasil mendekati kapal dan melaksanakan evakuasi terhadap dua orang anggota Fasharkan atas nama Rusdi dan Alan. Sementara 5 ABK atas nama Charles Medellu, Hendrik Madong, Rozak, Kristian Irwatang, dan Nicholas bertahan di atas kapal untuk menjaga kapal.
 
"Saya tetap standby di kapal bersama ABK lainnya, jikalau ada hal emergency/yang tdk di inginkan, kami segera menghubungi pihak Basarnas," ujar Nahkoda. "Tim rescue memberikan satu karton ransum Basarnas untuk bahan makanan selama mereka bertahan", pungkas komandan tim Rescue Semuel V. Jamlaay.
 
Dari pantauan Kantor Pemcarian dan Pertolongan Manokwari, LCT Galaxy 88 telah mendapat bantuan untuk ditarik oleh KM. Syukur Illahi yang berangkat dari dermaga Biryosi pukul 21.30 WIT. Pemantauan terus dilakukan hingga diterima informasi terakhir posisi kapal telah tiba di Fasharkan Manokwari.(Hms/hrl)
 
 
 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran , General Berita .
Pengunggah : Recylia
17 July 7:00 WIB