PENYEMATAN BREVET LEVEL TIGA (dive guide) SSI KEPADA RESCUER BASARNAS


 

ACEH – Penyematan Brevet Level Tiga (dive guide) SSI kepada rescuer Basarnas, dilaksanakan oleh Kepala Kantor SAR Banda Aceh, Budi Cahyadi, S.Sos. di sekitar pelabuhan Malahayati (Krueng Raya), Aceh Besar, (17/9).

Setelah 2 minggu melaksanakan kegiatan lapangan dengan bimbingan Master Instructor SSI, dr. Mahrizal (Instruktur DCKSA) dari tanggal 5 Agustus 2014 yang terlaksana di 5 lokasi yang berbeda yakni Tapak tuan dan labuhan haji, Kabupaten Aceh Selatan, Peureulak-Aceh Timur dan Lhokseumawe hingga Krueng Raya, Aceh Besar. Rabu (17/9) Sertifikasi Level Tiga (dive guide) SSI Tahun 2014 di akhiri dengan penutupan kegiatan secara resmi oleh Kepala Kantor SAR Banda Aceh Budi Cahyadi, S.Sos. selaku Pembina Dive Center Kantor SAR Banda Aceh (DCKSA) pada pukul 16.35 WIB.  Kegiatan tersebut ditutup dengan penyematan brevet kepada peserta (Aswa sustia dan Mahdi Saputra) yang dilakukan dibawah permukaan air dengan cara buoyancy.

Untuk mencapai Level Tiga (dive guide) SSI para peserta diharuskan menyelesaikan Speciality Course Diver Stress & Rescue serta React Right First Aid & CPR dan beberapa spesialisasi lainnya seperti Deep Diving, UW Navigation, Night & Limited Visibility, perfect Buoyancy. Adapun teknik yang disampaikan adalah teknik rescue, pengenalan arus dengan safety, penyelaman dalam (46,1 meter), zero visibility, bagaimana menjadi seorang dive guide, manajemen kelompok, memimpin penyelaman, serta pengenalan medan dibeberapa kabupaten yang berada di Provinsi Aceh.

Dalam amanatnya Kepala Kantor SAR Banda Aceh  mengatakan  bangga terhadap para peserta yang mengikuti kegiatan, beliau juga menyampaikan bahwa berharap jiwa patriot yang suka menolong sesama terus dipertahankan dan ketrampilan yang dimiliki terus ditingkatkan karena hal itu adalah misi yang sangat mulia. "Ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan menyelam bagi rescuer sebagai bekal dalam menghadapi penugasan di masa mendatang”," tandasnya.   Pelatihan ini merupakan langkah dalam meningkatkan kapasitas rescuer yang berkualifikasi dan bersertifikasi dengan kemampuan selam sehingga kedepannya akan  terus dilaksanakan pelatihan dan pembinaan.



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
19 September 19:00 WIB