SIRAMAN ROHANI KANTOR SAR BANDA ACEH MENYAMBUT RAMADHAN 1435 H


BASARNAS ACEH – Kantor SAR Banda Aceh mengadakan siraman rohani menjelang bulan suci Ramadhan 1435 H yang diselenggarakan di Ruang Aula, Lantai 2 Gedung Kantor SAR Banda Aceh, Kamis (26/6/2014). Acara dibuka oleh Kepala Kantor SAR (kakansar) Banda Aceh, Budi Cahyadi, S.Sos., yang didampingi Kepala Urusan Umum, Yusnidar, S.Sos. dan menghadirkan Ustadz Husni Suardi.   Siraman Rohani bertema “Menuai Berkah di Bulan Ramadhan” dengan narasumber Ustadz Husni Suardi. Selanjutnya, di dalam sambutannya, Budi Cahyadi, S.Sos. selaku Ketua Penanggung jawab acara mengatakan bahwa bulan suci ramadhan merupakan bulan spesial. “Yang membuat bulan ramadhan sebagai bulan spesial adalah pada bulan tersebut dapat dijadikan sebagai penguat tali silaturahmi dan juga dapat mempererat ikatan keluarga”, ujar kakansar.

Sementara itu, di dalam ceramahnya, Ustadz Husni Suardi mengingatkan peserta yang hadir agar menyempurnakan sholatnya. “Lakukan sholat yang mengcover seluruh kebutuhan kita karena solat juga merupakan mesin penggerak agar umat manusia tidak mengalami kesulitan dalam bergaul dengan alam dan jadikan sholat itu sebagai istirahat”, terang Ustadz Husni Suardi. Selain mengingatkan sholat, Ustadz Husni Suardi juga mengajak peserta untuk menyempurnakan bacaan al-quran dengan cara lebih memaknai isi dari Al-quran bukan fokus pada target menyelesaikan bacaan suratnya saja. Pada kesempatan tersebut? dengan gaya penyampaian taushiyahnya yang humoris menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

ada beberapa hal agar Ramadhan bermakna, diantaranya:

  1. Senantiasa kita selalu merindukan Ramadhan
  2. Memahami kemulian Ramadhan, ada beberapa kemuliaan di dalam Ramadhan antara lain: Ramadhan?adalah bulan pengampunan dosa, bulan dikabulkannya do’a-do’a dan bulan pencerahan bagi kita semua karena di bulan tersebut Allah menurunkan Al-qur’an sebagai petunjuk yang memberikan pencerahan bagi kita
  3. Isilah Ramadhan seolah olah sebagai Ramadhan yang terakhir bagi kita.Banyak sekali keutamaan di bulan Ramadhan yang membuatnya menjadi saat-saat indah penuh pesona

Hadir dalam kesempatan itu, pegawai di lingkungan Kantor SAR Banda Aceh termasuk didalamnya siswa PKL yang sedang magang dan Karyawan. Siraman rohani ini selain bertujuan untuk memberikan bekal pemahaman agama kepada para pegawai yang hendak menunaikan ibadah puasa, juga sebagai ajang silaturahim dan bermaaf – maafan diantara para pegawai. Selain Kegiatan Siraman Rohani tersebut Kantor SAR Banda Aceh juga turut mengadakan Meugang yang merupakan tradisi masyarakat aceh yakni tradisi menyembelih hewan kurban (dalam hal ini yang disembelih berupa sapi) pada H-2 dan atau H-1 menjelang bulan suci Ramadhan 1435 H.  (/hms&aka)  



Kategori General Artikel .
Pengunggah : author
27 June 8:00 WIB