- Selamat datang di website Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh -


Alami Kecelakaan dan Masuk Jurang, Supir Truk CPO Meninggal Dunia


Satu unit truk tangki pengangkut CPO mengalami kecelakaan dan masuk jurang di Lembah Sulawet Desa Layeun Kecamatan Leupung Kabupaten Aceh Besar. Akibat peristiwa tersebut, sopir truk tangki tersebut meninggal dunia.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh Budiono, mengatakan korban meninggal dunia bernama Iwan (L/50), warga Lhokseumawe.

Kronologis kejadian pada Kamis (2/6) sekira pukul 23.45 Wib korban selaku supir bersama 1 orang kondektur membawa truk bermuatan CPO. Setiba di lokasi kejadian, diduga karena kondisi jalan yg licin, truk bermuatan CPO berisi 27 TON tersebut terperosok ke jurang.

“Kondektur berhasil menyelamatkan diri sementara supir jatuh bersama truk ke jurang dan terjepit di dalam truk," ujarnya.

Kemudian kondektur melaporkan kejadian tersebut kepada pengendara lain yang melintas untuk meminta bantuan.

Kepala Basarnas Aceh Budiono, mengatakan informasi diterima Basarnas Banda Aceh dari anggota Polsek Leupung, Jumat (3/6/2022), pukul 01.20 WIB dini hari.

Pukul 01.35 wib tim rescue Basarnas Banda Aceh bergerak menuju lokasi kejadian untuk mengevakuasi korban.

Pukul 02.00 Wib tim rescue Basarnas Banda Aceh tiba di lokasi dan langsung melakukan assesment. Hasil assesment tersebut tim mendapati bahwa korban diduga telah meninggal dunia.

"Tim memutuskan untuk meminta bantuan mobil crane, dikarenakan posisi truk tidak stabil dan truk dalam kondisi penuh muatan yang dapat berisiko truk itu terjatuh dan membahayakan tim Rescue," jelasnya.

Jumat sore kemarin (3/6) sekitar pukul 16.00 WIB, mobile crane tiba di lokasi. Tim SAR gabungan melakukan proses evakuasi dengan menstabilkan posisi truk serta menguras isi CPO.

"Tim terus berusaha memotong bagian truk agar dapat mengevakuasi korban. Akhirnya siang tadi (4/6) pukul 11.30 WIB truk dapat diangkat oleh crane dan korban langsung dievakuasi menggunakan alat ekstrikasi dalam kondisi meninggal dunia, selanjutnya korban dibawa ke RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh menggunakan ambulans," tutup Budiono.

Selain Basarnas Banda Aceh, evakuasi Polsek Leupung, Polantas Aceh Besar, Koramil Leupung, Koramil Bakongan serta masyarakat.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan Dengan Penanganan Khusus .
Pengunggah : aceh admin
4 June 16:00 WIB