- Selamat datang di website Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh -


Basarnas Aceh Padamkan Api Kapal Asal Jeddah yang Terbakar di Perairan Sabang


Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh menerima informasi permintaan bantuan pemadaman api Kapal Asal Jeddah menuju Port Klang, Malaysia dari Maritime Rescue Co-ordinating Centre (MRCC) - Port klang Malaysia pada Sabtu, 16 April 2022.

Kepala Basarnas Aceh Budiono menyebutkan bahwa Kapal Kargo CMA CGM LISA MARIE berbendera Malta yang berlayar dari Jeddah, Arab Saudi menuju Port Klang, Malaysia terbakar saat tiba di perairan Sabang. “Kebakaran terjadi pada salah satu muatan kapal (kontainer) yang diduga berasal dari arus pendek. Kapal tersebut kemudian mengaktifkan signal distress (signal darurat) yang di terima oleh MRCC Port Klang Malaysia”.

Menerima informasi tersebut, Basarnas Banda Aceh meminta Kapal tersebut untuk mendekat ke pulau Sabang. “Pukul 06.00 Wib Basarnas Banda Aceh menggunakan KN SAR Kresna 232 bersama tim SAR gabungan (KN Selat Benggala) tiba di Kapal Lisa Marie pada koordinat 05°59'19.37" N - 95°10'16.67" E.”, ujar Budiono.

Menurut Budiono, ketika petugas tiba di lokasi api sudah dapat dipadamkan oleh awak kapal namun mereka masih melakukan penyiraman untuk pendinginan.

"Kebakaran terjadi pada 3/4 kontainer. ABK kapal tersebut telah berupaya memadamkan api dan berhasil”, ujar Budiono.

Tim SAR gabungan melakukan pengecekan dan memastikan Kapal Lisa Marie dan ABK dalam keadaan aman selanjutnya pukul 07.20 Wib kapal tersebut melanjutkan pelayaran dengan tujuan Port Klang, Malaysia.

KN SAR Kresna 233 bersama tim SAR gabungan kembali sandar ke Dermaga Ulee Lheu Banda Aceh dalam keadaan aman pada pukul 08.30 Wib.

Adapun unsur yang terlibat yaitu Basarnas Aceh, Pos Sar Sabang, SROP Sabang, KSOP/KPLP Sabang, TNI AL Lanal Sabang.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kecelakaan kapal .
Pengunggah : aceh admin
16 April 12:00 WIB