- Selamat datang di website Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh -


Empat Santri Hanyut Terseret Arus Sungai Brayeun Ditemukan


Tim Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh menemukan korban terakhir atas nama Fakhrul Razi (20) ditemukan pada Sabtu (27/8) sekira pukul 10.00 Wib.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Ibnu Harris Al Hussain mengatakan bahwa keempat korban tersebut terseret arus sungai Brayeun, Aceh Besar saat sedang mandi pada Kamis (25/08/2022) lalu.

Keempat korban hanyut di Sungai Brayeun, Aceh Besar, merupakan Santri Dayah Raudhatul Quran Al-Aziziah, Desa Lamsiteh Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar.

“Pada saat kejadian, sekitar pukul 13.00 wib korban yang berjumlah 5 orang mandi-mandi di Sungai Brayeun Desa Meunasah Mesjid Kec. Leupung Kab.Aceh Besar. Sekitar pukul 15.30 Wib secara tiba tiba terjadi banjir dengan arus yang kuat akibat dari kondisi hujan lebat, kelima orang korban tersebut terseret arus sungai, namun 1 orang berhasil diselamatkan oleh warga setempat dan 4 korban lainnya hilang terbawa arus.”

Harris menambahkan, tim rescue Basarnas Banda Aceh bersama tim SAR gabungan menemukan dua korban pada hari kedua pencarian.

“Korban pertama atas nama Ahmadal Yani (17th) ditemukan pada Jumat (26/8) sekitar pukul 11.30 Wib. Korban ditemukan tersangkut pada kayu dengan posisi 1.5 Kilometer dari lokasi kejadian dan dievakuasi ke Puskesmas Leupung, Aceh Besar. Sekitar pukul 17.00 Wib tim SAR kembali menemukan 1 korban lainnya atas nama M. Reza Asri (18th) ditemukan terdampar di pasir pinggir sungai dan dievakuasi ke Puskesmas Leupung, Aceh Besar,” ujar Harris

Sementara dua korban lainnya ditemukan pada hari ketiga pencarian, Sabtu (27/8).

Adapun Darazatul Aulia (17th) ditemukan pada pagi hari sekitar pukul 08.10 Wib, jasad korban ditemukan mengapung pada jarak 1,5 Km dari lokasi kejadian. Sedangkan Fakhrul Razi korban terakhir yang merupakan Warga Negara Malaysia tersebut ditemukan di area pulau Ujong Pulut dengan jarak 5 Nm dari lokasi kejadian.

Selama operasi SAR berlangsung, Basarnas Banda Aceh juga dibantu oleh tim SAR gabungan dari Polairud Polda Aceh, Brimob Polda Aceh, Polsek Leupung, Koramil Leupung, BPBD Aceh Besar, RAPI dan Masyarakat.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : aceh admin
27 August 16:00 WIB