- Selamat datang di website Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh -


Tugas-tugas kemanusiaan yang berupa pencarian dan pertolongan korban musibah kecelakaan ataupun bencana alam, baik di gunung, rimba dan laut adalah suatu tugas yang patut mendapat penanganan secara khusus dan terorganisir.

Provinsi Aceh yang mempunyai daerah perairan yang cukup luas dan pegunungan serta hutan maupun gua yang memiliki keindahan tersendiri. Hal ini mengundang minat anak manusia untuk menikmati hal ini, baik dalam bentuk pendakian gunung, penelurusan gua, penyelaman, penelurusan sungai, penjelajahan dan kegiatan alam lainnya. Kegiatan-kegiatan ini apabila kurang waspada dapat menimbulkan kerugian baik berupa materi bahkan jiwa manusia. Mengingat pula semakin ramainya lalu lintas perairan dan udara Aceh, sehingga perlu menyiapkan tenaga-tenaga terampil yang dapat dikoordinir dengan cepat untuk melakukan pencarian dan pertolongan bila terjadi hal-hal yang tak diinginkan dalam hal pelayaran, penerbangan dan bencana alam atau musibah lainnya.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka beberapa relawan yang gemar melakukan kegiatan di alam bebas yang mempunyai jiwa kemanusiaan yang tinggi yang tergabung dalam kelompok-kelompok studi, yang berpotensi SAR bermaksud merealisasikan kegiatan kelompok-kelompok studi tersebut, maka diadakanlah perekrutan anggota SAR melalui seleksi dari beberapa organisasi, kalangan dan mahasiswa. Dari rencana semula yang ingin merealisasikan kegiatan kelompok-kelompok studi, akhirnya berkembang ke arah pembentukan Organisasi Satuan Tugas SAR.

Satuan Tugas SAR di wilayah kerja Kantor SAR Banda Aceh sejak berdiri tahun 2000 hingga saat ini sudah ditetapkan dengan Keputusan Kepala Kantor SAR Banda Aceh sebanyak 21 Satuan Tugas SAR yang tersebar di beberapa Kabupaten/ Kota dalam Provinsi Aceh, yang keberadaannya merupakan kerjasama dan koordinasi antara Kantor SAR Banda Aceh dengan para Instansi/ Lembaga dan Pejabat Pemerintah Daerah setempat dan hingga saat ini dirasakan cukup membantu dalam penanggulangan bencana dan musibah yang terjadi di masing-masing Kabupaten/ Kota.

Berdasarkan hal tersebut di atas, maka beberapa relawan yang gemar melakukan kegiatan di alam bebas yang mempunyai jiwa kemanusiaan yang tinggi yang tergabung dalam kelompok-kelompok studi, yang berpotensi SAR bermaksud merealisasikan kegiatan kelompok-kelompok studi tersebut, maka diadakanlah perekrutan anggota SAR melalui seleksi dari beberapa organisasi, kalangan dan mahasiswa.

23 Satuan Tugas (Satgas) SAR Provinsi Aceh wilayah Kabupaten/ Kota terdiri dari :

KOTA :

1.Satuan Tugas SAR Sabang

2.Satuan Tugas SAR Langsa

3.Satuan Tugas SAR Lhokseumawe

4.Satuan Tugas SAR Subulussalam

5.Satuan Tugas SAR Banda Aceh

KABUPATEN :

1.Satuan Tugas SAR Aceh Besar

2.Satuan Tugas SAR Meulaboh

3.Satgsa SAR Aceh Barat Daya (Abdya)

4.Satuan Tugas SAR Aceh Jaya

5.Satuan Tugas SAR Aceh Singkil

6.Satuan Tugas SAR Tapaktuan, Aceh Selatan

7.Satuan Tugas SAR Simeulue

8.Satuan Tugas SAR Pidie

9.Satuan Tugas SAR Pidie Jaya

10.Satuan Tugas SAR Bireuen

11.Satuan Tugas SAR Aceh Tengah

12.Satuan Tugas SAR Bener Meriah

13.Satuan Tugas SAR Aceh Tamiang

14.Satuan Tugas SAR Aceh Timur

15.Satuan Tugas SAR Aceh Utara

16.Satuan Tugas SAR Aceh Tenggara

17.Satuan Tugas SAR Gayo Lues

18.Satuan Tugas SAR Nagan Raya