Basarnas temukan korban temggelam di Pulo Kapok

Muhibuddin (L/20) warga Kab. Aceh Timur, ditemukan meninggal dunia, Selasa (31/10).

Sebelumnya korban diketahui ikut terseret arus di Pantai Pulo Kapok, Lhoknga kabupaten Aceh Besar pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Saat itu korban bersama temannya melihat ada seorang wisatawan terseret arus di lokasi wisata Pantai Pulo Kapok,  mereka mencoba menolong wisatawan tersebut namun naas korban ikut terseret arus dan tenggelam sementara teman korban dan wisatawan berhasil selamat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh Al Hussain mengatakan, informasi kejadian tersebut diterima sekitar pukul 16.45, kemudian Basarnas segera mengerahkan tim rescue ke lokasi untuk melakukan pencarian.

Memasuki hari ketiga, pukul 08.00 WIB tim SAR melanjutkan pencarian dengan melakukan penyisiran menggunakan 1 unit LCR/ perahu karet milik Basarnas Sejauh 5 Nm, ke arah Arah Barat Daya dengan pola pencarian Search Paralel.

“Korban ditemukan Tim SAR gabungan pada hari ketiga pencarian dalam keadaan Meninggal Dunia (MD) sekitar pukul 08.30 WIB, sejauh 1NM (nautical mile) mil laut dari lokasi korban tenggelam.”

Usai ditemukan, korban langsung dievakuasi menuju posko untuk diserahkan kepada Pihak Keluarga dan dibawa menggunakan ambulans menuju rumah keluarganya. 

Selain tim rescue Basarnas Banda Aceh, pencarian ini turut melibatkan tim SAR gabungan diantaranya TNI AL, Polsek Lhoknga, Koramil Lhoknga, Kompi Kaveleri 11/ Walet Setia Cakti, Pemadam, Satgas SAR Banda Aceh, RAPI dan Masyarakat.