Basarnas Banda Aceh dan Tim Bidang Keamanan PON XXI Aceh melakukan simulasi dengan skenario evakuasi atlet yang mengalami kecelakaan patah layar pada saat bertanding

Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh bersama tim Panitia PON XXI Aceh – Sumut wilayah Aceh Tahun 2024 Bidang Keamanan menggelar Simulasi  Evakuasi Darurat pada Cabang Olahraga (Cabor) Layar, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Instansi yang terlibat dalam Panitia Bidang Keamanan PON Aceh mengerahkan personel beserta ALUT yang dimiliki saat melakukan simulasi di Pantai Gampong Pande Kecamatan Kutaraja Kota Banda Aceh yang merupakan venue pada saat pertandingan cabor tersebut.

Dalam simulasi ini, diskenariokan perahu layar salah satu atlet yang sedang bertanding mengalami kecelakaan patah layar, sehingga menyebabkan tabrakan beruntun dengan total korban sebanyak 12 orang.

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, diwakili oleh P.H Kakansar Eko Suprianto mengatakan, Simulasi yang melibatkan Lanal Sabang, Ditpolairud Polda Aceh, Satpol PP Aceh, Dinkes Prov. Aceh dan Satlantas Polda Aceh merupakan bentuk kesiapan Instansi yang terlibat sebagai Panitia Bidang Keamanan yang ditugaskan dalam cabang olahraga yang memiliki resiko tinggi terjadi kecelakaan.

“Melalui simulasi ini kita berharap agar seluruh instansi terlibat dalam kepanitiaan bidang keamanan PON dapat meningkatkan koordinasi dan kesiapan dalam menghadapi skenario yang berbeda yang bisa terjadi kapan saja pada saat pertandingan nanti,” ucap Eko.

“Selain itu kegiatan ini untuk memastikan bahwa setiap anggota tahu peran dan tanggung jawab mereka dalam situasi kritis,” tutupnya.

Kegiatan ini dihadiri dan disaksikan langsung oleh tamu undangan dari ⁠Pejabat Kodam Iskandar Muda, Pejabat Lanal Sabang, Pejabat Lanud SIM, Dirpolairud Polda Aceh, Pejabat Dansatbrimob Polda Aceh, Pejabat Polda Aceh, Dinkes Aceh, Pejabat RSUD Zainal Abidin, Pejabat RSUD Meuraxa, Pejabat Satpol PP Aceh, Pejabat PB PON.

Selain Basarnas Banda Aceh, Unsur yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini diantaranya TNI AL, Polairud Polda Aceh, Satpol PP Prov Aceh, Dinkes Prov. Aceh, Satlantas Polda Aceh, Satgas SAR Banda Aceh, SAKA SAR Banda Aceh dan Masyarakat Gp. Pande.