Sebanyak 58 siswa/i Taman Kanak Kanak (TK) Al Insyirah didampingi oleh guru pendamping, melakukan kunjungan dalam rangka SAR Goes to School

Sebanyak 58 siswa/i Taman Kanak Kanak (TK) Al Insyirah didampingi oleh guru pendamping, melakukan kunjungan dalam rangka SAR Goes to School (SGTS), Senin (6/11).

Kepala Yayasan Tk Al Insyirah Cut Zuhra Mutia mengatakan, kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan pengenalan profesi penyelamat kepada anak-anak usia dini.

“Selama ini anak-anak belajar di sekolah tentang berbagai macam profesi, salah satunya profesi penyelamat. Dengan berkunjung ke luar dan melihat langsung profesi orang dewasa mudah-mudahan terketuk jiwa kemanusiaan mereka sehingga sejak dini mereka paham bahwa ada sebuah profesi yang begitu mulia dimana profesi ini ada untuk menyelematkan jiwa manusia yang lain.”

Selain mengucapkan rasa terima kasih terhadap Basarnas Aceh, yang telah memberikan kontribusi dalam pendidikan anak usia dini untuk mengenalkan profesi kepada anak-anak, Cut Zuhra berharap, Basarnas yang merupakan lembaga pemerintah dibidang penyelematan agar terus mengedukasi masyarakat, para guru dan para siswa segala jenjang Pendidikan tentang keselamatan.

Pada kesempatan ini para rescuer memperkenalkan sarana dan prasarana milik Basarnas Banda Aceh. Hal ini sebagai bentuk tugas dan fungi Basarnas dalam melaksanakan pemasyarakatan search and rescue (SAR) kepada masyarakat, salah satunya kepada anak usia dini.

Dalam kunjungan ini, para murid TK Al Insyirah diharapkan mendapatkan pengetahuan baru tentang apa itu tim SAR.

Mereka diperkenalkan serta mencoba melakukan metode pertolongan di ketinggian (highline evacuation) dan mencoba permainan berjalan diatas tali (Funambulisme) yang bertujuan untuk menjaga konsentras, keseimbangan, menguji keberanian anak dan melatih untuk tidak takut ketinggian.

Tak hanya itu, anak-anak diajarkan bagaimana caranya menghadapi situasi yang terjadi saat gempa melalui nyanyian, dengan suara lantang mereka menyanyi dan mengikuti gerakan-gerakan yang diperagakan oleh para abang-abang rescuer Kantor Basarnas Banda Aceh.

Para murid taman kanak-kanak ini sangat antusias dan senang diajak bermain sambil belajar, terlihat dari keceriaan anak-anak hingga akhir kegiatan.