Apel Siaga SAR Khusus Lebaran 1444 H

Banda Aceh - Menjelang libur Lebaran Idul Fitri 1444H /2023, Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh menggelar Apel Siaga SAR Khusus Lebaran, Kamis (13/4). Bertempat di halaman Kantor, apel ini dipimpin langsung oleh Kepala Basarnas Banda Aceh, Al Hussain dan diikuti oleh seluruh petugas Siaga Khusus Lebaran Idul Fitri, RAPI dan Satgas SAR Aceh.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran tahun ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun oleh Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dan akan berlangsung selama 21 hari, dimulai dari tanggal 13 April s.d. 3 Mei 2023.

Basarnas Banda Aceh sendiri akan menyiagakan sekitar 110 personil yang tersebar di empat Pos SAR yaitu Pos SAR Sabang, Pos SAR Langsa, Pos SAR Meulaboh, Pos SAR Kutacane, dua unit Siaga SAR yaitu Unit Siaga SAR Bireuen dan Unit Siaga SAR Takengon.

Selain kekuatan personel tersebut, untuk mendukung Siaga SAR khusus ini Basarnas Banda Aceh juga telah menyiapkan Kapal KN SAR Kresna 232 dan 5 unit RIB serta peralatan penyelamatan di air, peralatan penyelamatan pada kecelakaan lalu lintas, peralatan penyelamatan di gunung hutan, dan penyelamatan di reruntuhan bangunan.

Pelaksanaan siaga ini turut melibatkan anggota RAPI dan Satgas SAR dalam hal patroli, komunikasi serta standby di kapal KN. SAR Kresna 232 yang berada di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh.