PENCARIAN KORBAN TENGGELAM DI PANTAI RITING OLEH BASARNAS ACEH

Memasuki hari kedua pencarian, tim rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh bersama tim SAR gabungan melakukan penyisiran di Pantai Riting Kec. Lhoknga Kab. Aceh Besar, Senin (20/2).

Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh Al Hussain menjelaskan, berdasarkan informasi yang diterima dari warga setempat bahwa pada saat kejadian korban sedang mandi di Pantai Riting, lalu terseret arus hingga tenggelam.

“Pencarian korban a.n Rahmat Hidayat (18) remaja asal Gampong Nesok Tubalu, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar yang hilang terseret di Pantai Riting, Kecamatan Lhoknga pada Minggu (19/2/2023) dilakukan dengan cara penyisiran menggunakan perahu karet dan penyisiran di sepanjang bibir pantai”.

Lebih lanjut Al Hussain menjelaskan upaya pencarian korban dilakukan dengan membagi dua tim.

“Tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian dengan membagi dua tim, dimana tim 1 melakukan penyisiran laut ke arah Barat Daya sejauh 1 Nautical Mile (Nm) / mil laut, sedangkan tim 2 melakukan penyisiran darat dengan cara berjalan kaki sepanjang garis pantai sejauh 1 Nm.”

Upaya pencarian dilakukan hingga pukul 18.00 WIB dengan hasil Nihil.

“Tim SAR gabungan menghentikan sementara pencarian dengan hasil Nihil, dan akan dilanjutkan kembali besok, Selasa (21/2),” tutup Al Hussain.

Selain tim rescue Kantor Basarnas Banda Aceh, operasi pencarian ini dibantu oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Satgas SAR Banda Aceh, PolAir Polda Aceh, Polsek Leupung, Pos TNI AL Lhoknga, Koramil Leupung, Camat Leupung dan masyarakat.