Basarnas Banda Aceh gelar Pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR),

Pidie Jaya - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh menggelar Pelatihan Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan (SAR), Senin (19/06), di Aula Dinas Pertanian dan Pangan, Meureudu Kab. Pidie Jaya.

Pelatihan yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Basarnas Banda Aceh, Al Hussain ini melibatkan 50 orang peserta yang berasal dari Potensi SAR / Satgas SAR Kab/Kota se Aceh yang berada di wilayah kerja Basarnas Banda Aceh dilaksanakan mulai tanggal 18 s.d 24 Juni 2023 di daerah Pidie Jaya. 

Turut hadir Wakil Bupati Pidie Jaya, Drs. Said Mulyadi, Dandim 0102 Pidie, Kapolres Pidie Jaya, Kadis Pertanian dan Pangan Pidie Jaya, Kadis Kesehatan Pidie Jaya, Kepala Pelaksana BPBD Pidie Jaya, Keuchik setempat dan Ketua Satgas SAR Aceh.

Al Hussain mengatakan pelatihan teknis ini bertujuan agar potensi SAR mendapatkan peningkatan kemampuan dalam melaksanakan pertolongan dan penyelamatan korban di permukaan air.

“Kegiatan pelatihan ini dapat menyamakan persepsi dan pemahaman dalam pelaksanaan kegiatan operasi pencarian dan pertolongan di lapangan, khususnya di permukaan air.”

Menurutnya, melalui kegiatan ini dapat menghasilkan semangat kemanusiaan, kesatuan pola pikir dan pola tindak yang sama untuk memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan seoptimal mungkin.

Selain itu Al Hussain berpesan untuk seluruh peserta agar mengikuti pelatihan dengan serius dan menyerap ilmu yang diberikan instruktur.

“Berlatihlah dengan serius, serap ilmu yang diberikan serta diskusikan dan pecahkan masalah yang ada sebagai solusi bersama,” tutup Al Hussain.