Latihan SAR Satuan Gunung dan Hutan dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan personel serta sarana dan prasarana saat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan (SAR)

Sebanyak 22 orang personel Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banda Aceh yang terdiri dari Rescuer dan Operator Radio mengikuti Latihan SAR Satuan Gunung dan Hutan dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan personel serta sarana dan prasarana saat melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan (SAR).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, 14 s.d 16 November 2023 ini dibuka oleh Kepala Basarnas Banda Aceh, yang diwakili oleh Kepala Sub Bagian Umum Azwar Hamidi, di Aula Kantor Basarnas Banda Aceh, Selasa (14/11).

Azwar menyebutkan, selain untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kesiapsiagaan, kegiatan ini juga bertujuan untuk pembentukkan sikap dan perilaku serta mempererat solidaritas/ kekompakan antar personel saat menjalankan tugas kemanusiaan.

“Tidak hanya sekedar rutinitas, latihan ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, kekompakan dan kesiapsiagaan kita dalam menjalankan tugas kemanusiaan yang kita emban. Sehingga kapanpun masyarakat membutuhkan pertolongan seluruh personel siap dalam memberikan pelayanan SAR.”

“Tunjukkan bahwa kita adalah tim yang tangguh serta dapat diandalkan. Selamat berlatih, tetap utamakan keselamatan. Semoga Latihan ini memberikan manfaat untuk kita,” tutupnya.

Usai pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pembekalan materi berupa Navigasi Darat, Teknik Pencarian E-SAR, Survival dan Tandu Darat, serta Pembekalan Latihan posko dan lapangan kepada para peserta kegiatan.

Selanjutnya kegiatan ini akan dilaksanakan di Hutan Ujung Pancu Desa Lampageu Kec. Pekan Bada Kab. Aceh Besar, selama dua hari, Rabu dan Kamis, 15 s.d 16 November 2023.